TAMPARAN TAJAM!

ImageSiang menjelang sore tadi tiba-tiba saya mendapatkan sebuah kegembiraan kecil namun dalam sekali dari seorang teman (seorang lelaki). Jujur saya tidak terlalu mengenalnya dengan baik, bahkan dengan kecenderungan saya yang tidak terlalu berani atau suka memulai pembicaraan kecuali jika ada keperluan penting atau dengan orang-orang yang dekat saja, kejadian ini semakin membuat saya merasa bersalah dan malu hati serta diri.

Ya, tiba-tiba saja dia menemui saya setelah melaksanakan shalat ashar dan mengatakan ” hey bay, actually i wanna give you something…”, “really…? what’s that?” balasku dengan rasa penasaran yang sangat besar. Ia pun langsung mengeluarkan sebuah hadiah boneka berbentuk ‘smile’ dan memberikannya untuk ku. Serta merta aku kaget, namun langsung kututupi dengan ekpresi ‘that’s so sweet of you, thank you very much’ ucapku sambil tersenyum. Mungkin menyadari respon yang agak canggung dariku ia langsung menjelaskan bahwa, ” aku sengaja memberikan hadiah ini untukmu karena beberapa waktu yang lalu kamu pernah menceritakan keadaan hubunganmu dengan orang tuamu, aku sangat mengerti perasaan itu, makanya aku memberikan hadiah ini agar kamu selalu tersenyum” ungkapnya. BAM!!! rasanya sebuah truk jatuh dari kayangan menimpaku rata!

Tuhan, sungguh rasa bersalah dalam hatiku langsung berkecamuk tanpa henti bagai belati yang menyelinap tajam ke dalam kulit tanpa rasa sakit tapi terasa pilu sekali. Bukan karena sakit hati, tapi karena aku sadar bahwa selama ini aku jarang sekali menghiraukan dia bahkan hanya menganggapnya sebagai kenalan biasa saja. Tapi hari ini ia menunjukkan bahwa hatinya lebih luas rasa acuhku, jiwanya lebih meneduhkan dari keegoan ku, dan perhatiannya tanpa memandang strata dan latar belakang. Ya, kenyataan inilah yang benar-benar menghajarku tajam dan lebam. Dengan hati yang sangat tersentuh bahkan mata yang berkaca dengan kebaikannya aku langsung mengucapkan terima kasih atas segala perhatiannya.

Kawan…

Betapa banyak orang-orang diluar sana yang mungkin sering kita abaikan kehadirannya dalam kehidupan kita, bahkan tidak kita anggap ada. Hanya karena kita merasa ia tidak penting dan merasa “aku sudah banyak memiliki kawan” atau tidak se’level’ dengan kita. Tapi hari ini, aku ditampar dengan kenyataan bahwa kebaikan kecil bagi siapapun walaupun kita tidak terlalu mengenalnya, kadang bermakna sangat besar, luas dan dalam bagi jiwa-jiwa kita yang sudah terlalu kering dengan semakin gersangnya kekerabatan dan membanjirkan hati-hati dengan kepentingan pribadi.

Bagiku, ia adalah guru kehidupan terbesarku hari ini. Ia mengajarkan bahwa kebaikan sejati dan ikhlas tidak pernah menuntut syarat dan alasan, tidak menuntut kenal atau sayang, tidak pernah menanyakan lama tidaknya persahabatan yang pernah terjalin. Kebaikan sederhanya hanya menuntut hati yang terbuka luas, kerendahaan hati yang dalam, dan kepekaan yang tajam. Sungguh kemulian manusia tidak terhitung dari apa yang dimiliki atau latar belakang hidupnya, tapi kemulian ada pada orang-orang yang melakukan hal baik sebanyak-banyak walaupun dari hal sekecil-kecilnya.

Terima kasih atas pelajaran hari ini…

 

1 Comment

Filed under Curahan Hati

One response to “TAMPARAN TAJAM!

  1. couldn’t agree more…thanks for sharing, kakak meksiko ^^

Leave a Reply

