Mengenali Munafik

Ternyata munafik bukanlah merupakan penyakit hati yang biasa-biasa saja. Karena Allah telah banyak menyebutkan dan menjelaskan beberapa sifat-sifat dan kedudukan manusia baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki sifat munafik ini. Allah telah menegur keras dalam surat Al Ahzab ayat 60 dengan melaknat dan mengancam orang-orang munafik ini bahkan memperbolehkan untuk diperangi oleh Muhammad Saw jika mereka terus menyakiti Muhammad dan kaum muslimin pada saat itu. Beginilah gambaran sekilas tentang ancaman terhadap orang-orang Munafik yang ada dalam Al-Quran.

Lalu bagaimana sebenarnya definisi dan ciri-ciri munafik ini? Selain penjelasan dalam Al-Quran, terdapat juga beberapa hadist shahih yang menjelaskan sifat-sifat yang jika dimiliki oleh seorang manusia maka barulah ia disebut munafik. Ali RA mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Sungguh aku tidak mengkhawatirkan seorang mukmin ataupun seorang musyrik atas umatku. Seorang mukmin akan dipelihara Allah dengan imannya daripada perbuatan mengganggu mereka dan seorang musyrik akan Allah patahkan gangguannya dengan sebab kemusyrikannya dari mereka. Tapi, aku sangat mengkhawatirkan seorang munafik yang pandai bersilat lidah, mengucapkan apa-apa yang kamu ketahui dan mengerjakan apa yang kamu ingkari …” (Nahjul Balaghah: 114).

Dari hadist diatas, bisa kita simpulkan bahwa seorang munafik itu adalah orang yang mengucapkan apa-apa yang kita ketahui tetapi mengerjakan apa yang kita ingkari. Orang yang bersifat munafik ini sangat susah untuk dideteksi oleh kasat mata, oleh karena itu Nabi Muhammad sangat mengkhawatirkan orang-orang munafik lebih daripada orang musyrik sendiri. Karena kadar imannya munafik bisa dikatakan hampir tidak ada serta mengingkari dan melupakan Allah, mengolok-olok (atau bersenda gurau) dan menafikan Ayat-ayat Al-Quran (An-Nisa: 140), (At-Taubah: 64).

Kemudian juga dalam sebuah hadist lain dikatakan bahwa perilaku dan tampak kasat mata seorang munafik ini adalah seperti kayu kayu yang tersandarkan dan Mereka sebenarnya adalah orang-orang yang bertubuh bagus (Shahih Muslim No.4976). Hadist ini menunjukan bahwa orang munafik pandai berperilaku “bagus” didepan orang lain akan tetapi hati mereka tidak seperti apa yang tampak secara kasat mata. Hadist riwayat Bukhari memberitakan tiga ciri-ciri sifat munafik:

“tanda-tanda orang munafik itu ada tiga, jika berbicara ia berbohong, jika berjanji ia mengingkari dan jika dipercayai ia berkhianat” (shahih Bukhari)
Apabila terdapat ketika sifat ini pada seorang manusia maka jelaskan ia adalah seorang munafik dan Allah telah memerintahkan kita untuk menghindari orang-orang tersebut. Apabila mereka sedang memperolok-olok ayat-ayat Allah maka harus dihindari minimal sampai mereka mengganti pembicaraan mereka ke arah yang lebih baik. Jika tidak, maka Allah akan menganggap kita sebagai sebagian golongan dari mereka. Dan pada hari kiamat nanti Allah akan mengumpulkan orang-orang munafik bersama orang-orang kafir di neraka Jahannam. (An-Nisa: 140).

Oleh karena itu, apabila kita merasa telah berada dalam tepi-tepi jurang kemunafikan ini, mari kita menyegerakan bertaubat dan memperbaiki diri kita masing-masing. Semoga Allah terus memberikan kita petunjuk dan hidayah bagi kita semua. Wallahu’alam bissawaab

1 Comment

Filed under Curahan Hati

One response to “Mengenali Munafik

  1. ternyata orang yang munafik bukan hnya di benci sama orang orang saja…! sang pencipta pun sangat membenci orang yang munafik…! makasih gan atas info nya…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s