Keseimbangan

Apakah kita pernah berpikir bahwa segala sesuatu yang ada didunia saling berhubungan (everything is connected). Segala sesuatu yang ada didunia juga memiliki pasangannya dan sesuatu tidak akan pernah dikenal jika sesuatu yang lain tidak diketahui. Sebagai contoh, seseoran tidak akan dikatakan gemuk apabila tidak ada orang yang kurus, seseorang tidak akan dikatakan tinggi jika tidak ada orang yang pendek. Bayangkan jika setiap manusia didunia ini memiliki rata-rata tinggi yang sama persis, maka kata “pendek” atau “tinggi” tidak akan pernah hadir. Kata orang baik tidak akan pernah ada jika orang jahat tidak berada didunia ini.
Oleh karena itu, seharusnya manusia tidak boleh merendahkan sesuatu dengan lainnya, karena pada hakikatnya kita hadir karena sesuatu yang lain juga hadir. Setiap manusia saling mengisi antar sesamanya, karena tidak ada manusia yang sempurna didunia, kesempurnaan itu hanya milik Allah. Ketidaksempurnaanlah yang mendasarkan kita diciptakan berpasang-pasangan, sehingga kitapun dapat saling mengisi setiap ruang-ruang hampa yang terdapat pada setiap manusia.

Sesuatu belum tentu lebih baik dari sesuatu lainnya, karena memang begitu adanya. Tapi sesuatu akan lebih baik ketika didukung oleh sesuatu yang lainnya. Sehingga keseimbangan dalam dunia pun tercapai. Sebagaimana proton yang membutuhkan elektron sehingga keseimbangan dapat tercapai (neutron).

Leave a comment

Filed under Curahan Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s