Everyone has Choice…

Menganggap segala sesuatu yang telah atau akan terjadi adalah selalu sebuah takdir adalah pemikiran yang kurang bijaksana. Karena jika Allah telah menentukan segala kegiatan yang telah atau akan kita lakukan maka itu berarti kita tidak memiliki pilihan untuk menentukan pilihan kita. Dengan demikian juga, ini berarti bahwa apapun yang keburukan dan kebaikan yang kita lakukan adalah keputusan Tuhan.  Jika ini memang benar adanya, maka Tuhan tidak berhak menghukum  kita jika kita berbuat sebuah keburukan karena itu berarti Tuhan tidak Maha Adil. Karena bagaimana mungkin kita dihukum atas segala sesuatu yang sebenarnya bukan keinginan kita (tapi takdir Allah).

Pada dasarnya, kita bukanlah boneka yang digerakkan oleh pemiliknya, tapi kita adalah manusia yang bebas memilih untuk melakukan apapun. Namun Tuhan telah memberikan kita informasi bahwa jika kita melakukan “A” maka hasilnya adalah “B” dan jika kita melakukan “C” maka hasilnya adalah “D”. Artinya juga kita telah diberikan pilihan untuk menentukan masa depan kita, tapi ada juga hal-hal yang memang telah menjadi takdirNya. Sebagai contoh, apabila ada sebuah pensil yang terletak diatas di meja dan kita tidak menggunakan pensil tersebut, apakah itu sudah menjadi takdir bahwa pensil tersebut tidak kita gunakan? Tidak, tapi itu adalah pilihan kita untuk tidak menggunakannya. Pensil itu akan terambil apabila kita memutuskan untuk mengambil dan menggunakannya. Contoh lainnya, apakah seorang perampok sudah menjadi takdirnya untuk menjadi perampok? Tidak, tapi ia memiliki pilihan untuk menjadi perampok atau tidak, dan ia memilih menjadi perampok. Apakah sudah menjadi Spiderman menjadi seorang pahlawan? Tidak, tapi ia memilih menjadi seorang pahlawan.

Kawan…

Segala yang kita lakukan didunia ini adalah pilihan kita semua, dan suatu saat kita akan mempertanggungjawabkan segalanya. Adapun hal yang sudah menjadi takdir adalah masalah Hidup dan Mati. Kita tidak memiliki pilihan terhadap dua hal ini, kita tidak bisa memutuskan kapan, bagaimana, dan dengan siapa kita akan dilahirkan atau dimatikan karena itu adalah Hak Tuhan.

Leave a comment

Filed under Curahan Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s