COBAAN!!!

Suatu hari…aku bertanya kepada diriku.

Kenapa banyak hal yang buruk yang terjadi padaku. Aku terus menggurutu memaki dan menyesali diriku yang terus merasa kurang beruntung. Hatiku terus bergejolak, jantung terasa sesak, amarahpun menumpuk. Tapi aku tetap diam mencoba mencari apa titik terang dari semua kejadian yang terjadi padaku.

Aku adalah orang yang selalu mencoba percaya bahwa dibalik suatu kejadian pasti ada setetes ilmu yang dapat kuteteskan kedalam kerongkongan yang begitu kering akan ilmu dan pengalaman. Namun bukanlah sautu hal yang cukup mudah juga untuk meyakini diri kita bahwa apa yang akan atau telah terjadi pasti ada hikmahnya. Karena kita sering merasa bahwa apa yang kita tunggu-tunggu itu tidak pernah kunjung datang menghampiri kita untuk memberikan kepuasan yang telah kita tunggu. Sehingga kadang-kadang kita terus bertanya apakah kata-kata dibalik segala sesuatu pasti ada hikmahnya ini benar?

Pada dasarnya, manusia memang terus dirasuki dan dikelilingi rasa penasaran dan tidak mudah percaya serta cenderung berprasangka buruk terhadap segala sesuatu, dan ini bukanlah suatu yang buruk tapi bukan juga suatu hal yang baik.

Jika kita mau untuk lebih banyak membaca surat-surat cinta Allah yang telah dituliskan dalam kitabNya, maka mungkin rasa atau pertanyaan seperti itu bisa dikurangi. Ada beberapa hal yang bisa kita kutip dari beberapa surat-surat cintaNya.

  1. Allah tidak akan memberikan suatu cobaan jika kita tidak sanggup menanggungnya.

Secara akal sehat, bagaimana Zat yang sangat menyayangi hambaNya memberikan sesuatu yang tidak akan sanggup ditanggung.

  1. Belum tentu apa yang kita sukai itu bagus untuk kita dan apa yang tidak kita sukai buruk untuk kita.

Kita adalah manusia yang hanya diberikan setetes ilmu oleh Allah. Allah lebih mengetahui apa yang terbaik untuk kita.

  1. Allah tidak pernah menciptakan sesuatu yang sia-sia.

Apakah ada ciptaan didunia ini yang tidak berguna bagi keberlangsungan hidup manusia? Jawabannya adalah tidak ada. Sebagai contoh saja, lalat atau nyamuk yang menurut kebanyakan manusia adalah serangga yang paling menjengkelkan dan tidak ada gunanya bahkan membawa penyakit yang mematikan.

Tapi apakah kita pernah berpikir bahwa melalui lalat atau nyamuk yang menjengkelkan itu paling tidak puluhan orang mampu bertahan hidup juga karena serangga tersebut membuka lapangan pekerjaan bagi para pembuat obat anti nyamuk.

Perlu kita ingat juga bahwa, seorang pelaut yang sering berhadapan dengan badai dan ombak besar lebih handal daripada pelaut yang selalu berlayar dilaut yang tenang. Menurut ilmu biologi, bagian tubuh yang lebih banyak melakukan kegiatan akan lebih berkembang daripada bagian tubuh lainnya. Itulah salah satu hikmah dari segala kejadian yang telah dan akan terjadi pada diri kita.

Leave a comment

Filed under Curahan Pikiran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s